Sofyan Tegaskan Komisi II DPRD Tarakan Mendukung Program Pemasangan Sambungan PDAM Gratis

TARAKAN ? Ketua Komisi II DPRD Kota Tarakan Sofyan Udin Hianggio memberikan apresiasi kepada PDAM Tirta Alam Kota Tarakan atas keberhasilnya melakukan pemasangan sebanyak 10 ribu sambungan. Ia juga menegaskan, Komisi II DPRD Kota Tarakan mendukung PDAM untuk melanjutkan program pemasangan sambungan baru gratis kepada masyarakat.

Ketua Komisi II DPRD Kota Tarakan Sofyan Udin Hianggio memberikan apresiasi atas kinerja PDAM. Pemasangan 10 ribu sambungan air gratis ke masyarakat dari target 5 tahun, dikerjakan PDAM hanya selama 2 tahun 2 bulan.

?Ini merupakan kebutuhan masyarakat makanya  Kami Komisi II sangat mendukung program tersebut. Kami juga memberikan catatan buat PDAM supaya memaksimalkan pendistribusian air,? kata Sofyan.

Sebab dikatakan Sofyan, masih ada beberapa pelanggan yang aliran airnya tidak mengalir dengan lancar. Permasalahan ini, banyak dikeluhkan masyarakat kepada DPRD Kota Tarakan.

?Ada sekitar dua sampai tiga mingguan tidak mengalir. Itu memang terkendala jalur, karena disana ada dua jalur. Rencana akan ditambah manjadi tiga jalur dengan ditambahkan pompa untuk mengatasi permasalahan tersebut,? jelas politisi Partai Golkar.

Sofyan juga menyarankan PDAM, untuk membangun Embung di daerah Binalatung. Di daerah tersebut terdapat cekungan yang bisa untuk menampung air dan pembangunan tidal akan banyak memakan anggaran.

?Disitu lahannya masih sangat luas dan tidak terlalu butuh biaya banyak. PDAM sebenar juga welcome cuma terkena karena hutan lindung. Tapi saya rasa kalau koordinasi dengan pemerintah pusat bakal mengijinkan,? ucap Ketua Fraksi Golkar DPRD Kota Tarakan.

Adanya pemotongan bukit ditambahkan Sofyan, juga menyebabkan terjadi sendimentasi dialiran air baku PDAM. Sendimentasi ini, bahkan sudah sampai ke Embung Rawasari akibat pemotongan bukit di sekitar Mako Yonif Raider 613 Raja Alam.

?Ini harus menjadi pemikiran buat kita semua untuk mengatasi pemotongan bukit supaya sumber air tetap terjaga. Kami juga akan memanggil dinas terkait bersama Komisi III terkait pemotongan bukit,? beber Opan sapaa  akrapnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Tarakan meminta pemerintah untuk tegas terkait perijinan pemotongan bukit. Selain itu, penghijauan juga penting dilakukan terutama di daerah-daerah yang menjadi serapan air.

?Ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat bagaimana pentingnya menopang sumber air tanah ini selain air tadah hujan yang menjadi air baku PDAM,? tutup Sofyan.(Wic)

Sumber : https://fokusborneo.com/politik/2021/04/21/sofyan-tegaskan-komisi-ii-dprd-tarakan-mendukung-program-pemasangan-sambungan-pdam-gratis/

Previous Kepengurusan Berakhir, Komisi 2 DPRD Tarakan Desak Disdik Segera Bentuk Dewan Pendidikan

Leave Your Comment