Kepengurusan Berakhir, Komisi 2 DPRD Tarakan Desak Disdik Segera Bentuk Dewan Pendidikan

TARAKAN ? Komisi 2 DPRD Kota Tarakan mendesak kepada pemerintah khususnya Dinas Pendidikan untuk segera membentuk Dewan Pendidikan yang sudah berakhir kepengurusannya sejak 2019 lalu. Keberadaan Dewan Pendidikan ini sangat dibutuhkan untuk memberikan masukan dan saran dalam peningkatan mutu pendidikan di Kota Tarakan.

Permintaan tersebut, disampaikan saat melakukan rapat dengar pendapat (RDP) antara Komisi 2, Dinas Pendidikan dan pemerhati pendidikan di Kantor DPRD Kota Tarakan, Senin (14/6/21).

Ketua Komisi 2 DPRD Kota Tarakan Sofyan Udin Hianggio mengatakan periode kepengurusan Dewan Pendidikan sudah berakhir sejak 2019 lalu. Sehingga perlu diaktifkan kembali Dewan Pendidikan untuk menjalankan fungsinya sebagai pengawasan.

?Ini kan sudah ada ke vakuman beberapa tahun. Makanya kami merekomendasikan Dinas Pendidikan diaktifkan lagi Dewan Pendidikan terkait dengan fungsi pengawasan dan lain sebagainya kita butuhkan,? kata Sofyan Udin Hianggio.

Dikatakan Sofyan, keberadaan Dewan Pendidikan ini sangat dibutuhkan. Tujuan dibentuknya Dewan Pendidikan untuk wewadahi, menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan dan program pendidikan.

Tidak hanya itu, Dewan Pendidikan dijelaskan Sofyan juga bisa meningkatkan tanggungjawab dan peranserta aktif dari seluruh lapisan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan. Selain itu, menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu.

?Peran Dewan Pendidikan dibutuhkan terkait pengawasannya dan berbagai regulasi lainnya. Dewan Pendidikan ini juga tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2010 terkait fungsi Dewan Pendidikan sebagai penasehat, pendukung dan controlling serta mediator atau penengah,? jelas politisi Partai Golkar.

Ditambahkan Sofyan, saran dan masukan Dewan Pendidikan sangat dibutuhkan dalam pengawasan di Dinas Pendidikan. ?Makanya kami mendesak secepatnya dibentuk Dewan Pendidikan,? ucap pria juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Golkar DPRD Kota Tarakan.(Wic)

Sumber : https://fokusborneo.com/politik/2021/06/15/kepengurusan-berakhir-komisi-2-dprd-tarakan-desak-disdik-segera-bentuk-dewan-pendidikan/

Previous Kondisi Jalan Dekat SDN 045 Pantai Amal Berlumpur, Komisi 3 DPRD Tarakan Minta Pemerintah Segera Perbaiki

Leave Your Comment