Gelar Rapat Akselerasi Vaksinasi

Gelar Rapat Akselerasi Vaksinasi

TARAKAN –Sebagaimana dalam Imendagri Nomor 48 tahun 202,  bahwa Kota Tarakan kembali ditetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 Covid-19 bersama 6 kabupaten/kota lainnya di Indonesia. Salah satu indikator yang menyebabkan Kota Tarakan masih berada di level tersebut adalah tingkat pencapaian vaksinasi yang masih rendah. Sedangkan indikator lainnya, seperti jumlah kasus, kasus rawat, dan kasus meninggal dunia, sudah cukup membaik. Sehubungan dengan hal tersebut,Wali Kota Tarakan, dr. H.Khairul, M.Kes,  menggelar rapat Persiapan Vaksinasi Massal Covid-19 bersama asisten, jajaran OPD, Direktur Rumah Sakit se-Kota Tarakan, TP PKK dan Dharma Wanita, FKKRT, serta organisasi profesi kesehatan.  

Wali kota dalam pertemuan tersebut menginstruksikan kepada semua sektoral untuk bersama-sama melakukan sosialiasi kepada masyarakat tentang pentingnya vaksinasi Covid-19. Pendataan bagi masyarakat yang belum divaksin juga menjadi titik berat yang harus segera dilakukan. Skema dalam pendataan yang diinsruksikan wali kota melalui data kelurahan yang juga akan diperkuat pendataan yang dilakukan oleh TP PKK melalui kelompok dasawisma.  

Dalam upaya akselerasi vaksinasi ini, wali kota juga memastikan kesiapan personil yang akan terlibat meliputi, tenaga medis, penginput data, petugas keamanan dan petugas teknis lainnya. Diharapkan dengan skema yang sudah direncanakan ini dapat berjalan dengan baik sehingga pencapaian target vaksinasi dapat tercapai.

Satu hal penting yang ditekankan wali kota dalam rapat tersebut, bahwasannya akselerasi vaksinasi ini bukan sekedar karena Kota Tarakan yang masih berada di level 4, namun sangat penting dilakukan sebagai upaya pembentukan ‘herd immunity’ Covid-19 di Kota Tarakan.

Sumber : Humas